Pengembangan Kesenian Hadrah Sebagai Upaya dalam Membentuk Karakter Islami Para Pemuda Desa Sumber Canting
DOI:
https://doi.org/10.35719/ngarsa.v2i2.120Artikel ini membahas mengenai kesenian Islam yang berupa kegiatan hadrah yang dibentuk oleh peneliti dengan memanfaatkan potensi Sumber Daya Manusia di desa Sumber Canting. Penelitian dilaksanakan ketika pandemi Covid, sehingga dalam penelitian ini terdapat beberapa kendala yang salah satu poin pentingnya yakni tidak adanya izin untuk mengumpulkan masyarakat guna memperkenalkan program kerja yang akan dilaksanakan. Sumber Daya Manusia terbanyak di desa tersebut berupa pemuda, yang mana para pemuda kurang mendapat perhatian khusus dalam hal kegiatan yang akan berdampak positif untuk kedepannya. Sehingga dengan alasan tersebut, pemuda yang masih memiliki semangat yang menggebu-gebu diharap mampu mengembangkan kesenian hadrah di desa Sumber Canting. Selain itu, kesenian hadrah juga merupakan sebuah media untuk berdakwah melalui musik. Dengan aktivitas yang baru ini, pemuda Sumber Canting lebih memiliki jiwa keagamaan yang kuat. Sebab, didalam kesenian hadrah tidak hanya belajar mengenai musik akan tetapi terdapat sholawat ,penguatan mental dan skill. Maka pemilihan pemuda dalam pelestarian kesenian hadrah ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Jika dilihat, akhir-akhir ini banyak sekali pemuda pengangguran dan hanya bermain game serta bermedia sosial. Waktu yang mereka gunakan terbuang begitu saja tanpa adanya timbal balik yang bersifat positif bagi mereka. Adapun penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan yakni metode ABCD (Asset Based Community Development). Metode ini merupakan metode yang digunakan untuk menemukan potensi dalam setiap elemen kehidupan berupa aset.
References
Al-Mubarak, Misbakhul Munir. (2020). Pemuda Pembangun Peradaban. Sukoharjo: CV PELITA AKSARA GEMILANG.
Faizin, Nazaruddin. (2019). Strategi Meminimalisir Kenakalan Remaja Melalui Studi Hadrah Al-Banjari di Desa Sumber Gondo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. 4(8). 128-132.
Farhani, Atiyatul. (2016). Eksistensi Pertunjukan Kesenian Rebana Hadrah Darul Ma’rifah Di Warung Buncit Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan. [Skripsi]. Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri, Semarang.
Rizkiana, Catur Indah. (2020). Penanaman Nilai-nilai Aqidah Pada Siswa Melalui Program Kegiatan Hadrah Di SMP Negeri 4 Purwokerto Kabupaten Banyumas. [Skripsi]. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institur Agama Islam Negeri, Purwokerto.
Rusydiyah, Evi Fatimatur, ed. (2017). Pedoman KKN Literasi Dengan Pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) UIN Sunan Ampel Surabaya. Surabaya: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Ampel Surabaya.
Sholika, Silvia Maulidatus. (2018). Pengaruh Kesenian Hadrah Al-Banjari Dalam Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual (SQ) Remaja Di Desa Konang Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. [Skripsi]. Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.
Sunarti, Suria. (2020). Strategi Orang Tua Dalam Mengatasi Pembelajaran Online Dimasa Pandemi Covid-19. Naskah tidak dipublikasikan, Program Studi Manajemen Dakwah, IAIN Parepare.
Wahyu, dkk. (2015). Penerapan Nilai Keagamaan Seni Hadrah Maullatan Al-Habsyi Di Kelurahan Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat. 5(9). 679-686.
Downloads
License
Copyright (c) 2022 Dahimatul Afidah, Rizky Faradila, Moh. Bahtiar Lupi, Muhammad Dliyaul Lami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.