Peningkatan dan Pengembangan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam al-Falah as-Sunniyah Kencong Jember
DOI:
https://doi.org/10.35719/ngarsa.v1i2.249Pengabdian ini ditujukan memberikan pendampingan berupa pelatihan melalui sharing keilmuan dan pengalaman dengan guru bidang studi Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam al-Falah as-Sunniyah Kencong Jember. Melalui pendampingan tersebut ada proses pembentukan pengetahuan berbasis wawasan perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru bidang studi Pendidikan Agama Islam. Kegiatan pendampingan ini dipilih sebagai solusi terhadap problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam di lembaga pendidikan (sekolah). Bentuk kegiatan berupa pelatihan penyusunan perencanaan pembelajaran yang dikemas melalui tutorial dan eksperiental learning; dan untuk evaluasinya dilakukan secara monitoring dan pendampingan berupa pelatihan melalui sharing keilmuan dan pengalaman. Kegiatan pengabdian ini berdampak pada peningkatan performa guru Pendidikan Agama Islam yang dibuktikan melalui penilaian berkas-berkas pembelajaran yang digunakan mereka. Karenanya, pihak lembaga pendidikan (seperti kepala sekolah) setiap saat secara berkala mengadakan upaya yang sama berupa kegiatan pelatihan metodologi pembelajaran pada semua bidang studi.
References
E. Mulyasa. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004).
Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
Hamzah B. Uno, Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, Dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
Hasan Cakir & Barbara A. Bichelmeyer, Effects of Teacher Professional Characteristics on Student Achievement: an Investigation in Blended Learning Environment with Standards-Based Curriculum, dalam Journal Interactive Learning Environments Vol. 24, Issue 1, 2016, 20-32.
Isjoni, Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2006).
Moch. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005).
Motoko Akiba & Guodong Liang, Effects of Teacher Professional Learning Activities on Student Achievement Growth, dalam The Journal of Educational Research Vol. 109, Issue 1, 2016, 99-110.
Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Pers, 2006).
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Madrasah Dan Perguruan Tinggi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2005).
Oemar Hamalik, Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Umiarso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.