Pemberdayaan Perempuan UMKM Melalui Digital Marketing di Desa Jombang Kecamatan Jombang
DOI:
https://doi.org/10.35719/ngarsa.v2i2.320Pengabdian ini berjudul pemberdayaan perempuan UMKM melalui digital marketing di Krajan I Desa Jombang Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan secara praktis terkait pengetahuan-pengetahuan tentang strategi pemasaran yang efektif dan efisien guna meningkatkan usaha yang digalakkan oleh pelaku UMKM khususnya yang berada di Dusun Krajan I Desa Jombang Kecamatan Jombang. Perempuan yang mayoritas adalah pelaku UMKM, khususnya UMKM pengolahan krupuk yang menjadi ciri khas Desa Jombang, mereka diberdayakan melalui UMKM dan digital marketing. Metode yang digunakan adalah metode survei, teknik deskriptif dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen, digitalisasi marketing, pemasaran produk dan peningkatan penjualan bagi pelaku UMKM yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah adanya upaya untuk melakukan pendampingan dan manajemen dalam pengembangan digitalisasi marketing yang berorientasi pada peningkatan penjualan UMKM khususnya yang berada di Dusun Krajan I Desa Jombang Kecamatan Jombang.
References
Kerjasama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan Badan Pusat Statistik, Profil Perempuan Indonesia 2012, (Jakarta: Tri Sigma Utama, 2012)
Sulistyowati, Tutik. 2015 “Model Pemberdayaan Perempuan dalam Meningkatkan Profesional dan Daya Saing untuk Menghadapi Komersialisasi Dunia Kerja”. Jurnal Perempuan dan Anak.
Mardikanto, T.& Soebiato, P. 2013. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Nassaruddin Umar, 2010. Argumen Kesetaraan Gender,Jakarta: Dian Rakyat.
Fakih, M. 2007, Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Yogyakartaa: Pustaka: Belajar.
Prantiasih, A. 2012 “Hak Asasi Manusia Bagi Perempuan”, Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Republik Indonesia, Undang Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan menengah. Jakarta : Kementrian Hukum dan HAM.
Adi, Isbandi, Rukminto, 2012. Intervensi Komunitas & Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Rajawali Pers.
Ali, Madekhan. 2007. Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Averros Press.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Hogen, Christine. 2000. Facilitating Empowerment: a Handbook for Facilitatos, Trainers and Individuals. London: Kogan Page Limited.
Keraf, A. Sony. 2010. Etika Lingkugan Hidup. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Kerjasama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan Badan Pusat Statistik, Profil Perempuan Indonesia. 2012. Jakarta: Tri Sigma Utama.
Ma’arif, Syafi’i. 2003. Pengembangan dalam Perspektif Gender. Malang: UMM Press.
Mardikanto, T.& Soebianto, P. 2013. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Sri Marwantil, Ismi Dwi Astuti. 2012. Model Pemberdayaan Perempuan Miskin Melalui Penembangan Kewirausahaan Keluarga Menuju Ekonomi Kreatif Di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Sepa: Vol.9 No. 1, 134 – 144.
Sulistiyani. 2004. Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Gava Media
Sumpeno, Wahyudin. 2009. Sekolah Masyarakat Penerapan Rapid Training Design Dalam Pelatihan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
RPJMDesa Jombang Tahun 2019 – 2024
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Asnawan Asnawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.