Pendampingan Efektif Dalam Perolehan Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Kolaborasi Koperasi BMT Bina Tanjung Jember
DOI:
https://doi.org/10.35719/ngarsa.v3i2.405Pasar Tanjung Jember dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan. Artinya, UMKM membutuhkan izin usaha dari pemerintah agar dilindungi secara hukum. Kegiatan penganbdian masyarakat ini dilakukan karena tidak adanya tenaga pelaku UMKM Pasar Tanjung dalam pembuatan Nomor Induk Usaha yang Dapat Dikenali dan tidak adanya pemahaman tentang cara pembuatan Nomor Induk Usaha (NIB) melalui melalui Online Single Submission (OSS). Tujuannya untuk memudahkan proses Online Single Submission (OSS) bagi usaha kecil dan menengah (UKM) di Pasar Tanjung. Mentoring dan observasi adalah dua metode yang digunakan. Menyampaikan teori, membuat izin perusahaan, dan mengirimkan surat legalitas usaha adalah bagian dari mewujudkan gerakan ini. Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di pasar Tanjung menunjukkan peningkatan akses OSS terhadap data tentang legalitas dan pendaftaran usahanya. Usaha kecil dan menengah (UKM) mendapat manfaat dari dorongan pemerintah, ketersediaan keuangan, keamanan perusahaan, dan bantuan pertumbuhan.
Kata Kunci: UMKM; NIB; Pendampingan; Online Single Submission (OSS)
The Tanjung Jember market has experienced growth from year to year. This means that MSMEs need a business license from the government to be legally protected. This community service activity was carried out because there were no staff from Tanjung Pasar UMKM actors in making Recognizable Business Numbers and there was no understanding of how to make Business Numbers (NIB) through Online Single Submission (OSS). The aim is to assist Tanjung Market MSMEs in creating accounts and managing legality through the Online Single Submission (OSS) procedure. Observation and advocacy are two approaches taken. Delivering theories, creating business licenses, and submitting business legality letters are all part of putting this movement into action. This action has led to an increase in the amount of data concerning the legitimacy and registration of businesses in Tanjung's MSME market's OSS account. As a result, MSMEs receive government endorsement, financial resources, legal security, and help in growing their businesses.
Keywords : UMKM; NIB; Assistance; Online Single Submission (OSS)
References
Darmawan, D. (2020). Karakteristik Nomor Induk Berusaha Melalui Fasilitas Online Single Submission Untuk Investor dalam Rangka Penanaman Modal. Tesis. Surabaya: Universitas Airlangga.
Desvia, N., & Tan, D. (2021). Pendampingan Pendaftaran Perizinan Berusaha PT Universal Yasa Solutions Pada Lembaga Online Single Submission. ConCEPt - Conference on Community Engagement Project, 1(1):468–480.
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51-58.
Tarina, A. (2020). Urgensi Izin Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik Bagi Usaha Mikro Dan Kecil (Vol. 14, Issue 2).
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1):59-66.
Yeni, M., & Yanti, I. D. (2021). Kegiatan Pendampingan, Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Online Single Submission (OSS) Bagi Anggota Koperasi Permaisuri Mandiri di Kota Banda Aceh. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3), 175-188.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Halimatus Sya'diyah, Fadilatul Hasanah, Ahmadiono Ahmadiono, Ud Hulul Mukarom

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.