Transformasi Desa Melalui Literasi: Pendekatan Diskusi Buku
DOI:
https://doi.org/10.35719/ngarsa.v4i2.519Literacy remains a serious issue in society. This condition is evident from empirical observations, such as limited reading interest, inadequate critical thinking skills, weakened social connections, and persistent barriers to accessing knowledge. This community service activity aims to improve the quality of life through enhanced literacy. Specifically, the objectives are to raise awareness and interest in reading, develop critical thinking skills, and expand access to knowledge for the community. The method employed in this activity was Participatory Action Research (PAR), involving active community participation at every stage. These stages include identifying relevant literacy themes, jointly planning the format and schedule of discussions, and conducting inclusive implementation. This process is followed by collective reflection to evaluate the effectiveness of the activities and to design follow-up actions initiated by participants, such as activities based on the outcomes of book discussions. The results of this activity indicate an improvement in the critical literacy skills of the community. The book discussions created an inclusive dialogical space, strengthening analytical thinking, communication, and collaboration skills. The activity contributed to building social capital by fostering an active learning community, enhancing a sense of togetherness, and raising collective awareness of significant issues. In the long term, this activity could encourage local initiatives to expand literacy access and address community challenges, thereby supporting sustainable community empowerment.
Keywords: Village community empowerment, Strengthening literacy, Book discussion
Abstrak: Literasi masih menjadi masalah serius masyarakat. Hal ini terlihat dari aspek empiris, seperti rendahnya minat baca, kurangnya kemampuan berpikir kritis, melemahnya hubungan antaranggota masyarakat, serta kuatnya sekat-sekat sumber pengetahuan yang membatasi akses informasi. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan literasi. Secara spesifik, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan minat baca, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, serta memperluas akses masyarakat terhadap pengetahuan. Metode pengabdian ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam setiap tahap. Tahapan tersebut meliputi identifikasi tema literasi yang relevan, perencanaan bersama mengenai format dan jadwal diskusi, hingga pelaksanaan yang inklusif. Proses ini diikuti oleh refleksi kolektif untuk mengevaluasi efektivitas kegiatan dan merancang tindakan lanjutan yang diinisiasi oleh peserta, seperti kegiatan berbasis hasil diskusi buku. Hasil kegiatan ini menunjukkan peningkatan kemampuan literasi kritis masyarakat. Diskusi buku berhasil menciptakan ruang dialog yang inklusif, memperkuat keterampilan berpikir analitis, komunikasi, dan kolaborasi. Kegiatan ini berkontribusi membangun modal sosial dengan menciptakan komunitas pembelajar yang aktif, meningkatkan rasa kebersamaan, dan memunculkan kesadaran kolektif terhadap isu-isu penting. Dalam jangka panjang, kegiatan ini mampu mendorong inisiatif lokal untuk memperluas akses literasi dan menyelesaikan permasa-lahan komunitas, sehingga mendukung pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan.
Kata kunci: Pemberdayaan masyarakat desa, Penguatan literasi, Diskusi buku
References
Agusalim, Yurfiah, & Irwan. (2023). Penguatan Literasi Baca Masyarakat Desa Wakea-Kea Melalui Program Kuliah Kerja Amaliah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 7(2), 104–114. https://doi.org/10.35326/pkm.v7i2.3120
Anam, S., Jalil, A., Nisa, S.I., Trulyana, A., Wahyuningrum, E.C., Oktahariana, A., Laila, N., Hasanah, N.I., Muddah, N.H., Rohmah, A.Z., Rohmah, A.M., Afifah, E.A., Laily, A., & Hidayat, R. (2022). Peningkatan Literasi Masyarakat melalui Pojok Baca di Balai Desa Umbulrejo. Al-Ijtimā Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1):1-113. DOI:10.53515/aijpkm.v3i1.47
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Journal Series. 1(1), 1–12. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/32685
Arono, A., Diani, I., Yunita, W., Aulia, R., & Syahriman, S. (2022). Pengabdian Masyarakat Melalui Taman Bacaan Model Kampung Literasi Di Desa Rindu Hati, Bengkulu Tengah. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(02), 144–161. https://doi.org/10.25134/empowerment.v5i02.4964
Atmi, R. T., Gunarti, E., Mutia, F., & Prihatini, I. C. (2022). Peningkatan literasi masyarakat melalui perpustakaan desa berbasis inklusi sosial. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(3), 486–497. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i3.15559
Fauzi, A., Putri, N. N., Nisa, A. C., Rohmah, A. Q., Daroja, F. Z., Ronan, H. A., Ningsih, I. S., Ainiyah, M., Fitri, V. A., & Shalsabila, S. (2023). Penguatan Masyarakat Literasi Melalui Komunitas Literasi “Karsa” dengan Pendekatan Community Based Participatory Research (CBPR). As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 163–176. https://doi.org/10.35316/assidanah.v5i1.163-176
Gulo, A. (2023). Revitalisasi Budaya di Era Digital dan Eksplorasi Dampak Media Sosial terhadap Dinamika Sosial-Budaya di Tengah Masyarakat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(3), 172–184. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i3.2655
Muti’ah, R., Ritonga, M., Bangun, B., Harimansyah, Febrianto, D., & Sulaiman, S. (2022). Upaya Meningkatkan Literasi Baca Tulis Masyarakat. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 141–146. http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxixpp141-146
Muttaqin, M.Z., Evendi, A., & Suryanti, M.S.D. (2020). Peran dan Strategi Komunitas Lontar dalam Menyebarkan Budaya Literasi di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidiakn, 13(20), 155-162. https://doi.org/10.24832/jpkp.v13i2.382
Ningsih, L. S., & Sayekti, R. (2023). Peran perpustakaan dalam meningkatkan literasi informasi di kalangan masyarakat: sebuah systematic literature review. Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 11(2), 141–156. https://doi.org/10.18592/pk.v11i2.10104
Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789
Prasetia, A., & Mulyani, E. A. (2023). The Role of Libraries as a Learning Resource for Elementary School Students. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 1(10), 47–55. DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v10i1.3733
Prasetyo, H., & Rini, H. P. (2021). Meningkatkan keterampilan literasi informasi masyarakat melalui program wisata literasi. BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 42(2), 277–286. https://doi.org/10.14203/j.baca.v42i2.812
Prayogo, A., & Syahputra, H. (2022). Peran Taman Bacaan Masyarakat dalam Meningkatkan Budaya Literasi. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 6(2), 107–119. https://doi.org/10.15548/jib.v6i2.235
Putri, N.W., Listiawati, W., & Rachman, I.F. (2024). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pemberdayaan Masyarakat dalam Konteks Sdgs 2030. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 349–360. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i3.1208
Rofi’, A., Dwika Herdiawan, R., Nurhidayat, E., & Nahdi, D. S. (2022). Kampung Literasi dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca di Taman Baca Masyarakat (TBM) Nurul Huda Sindanghaji Palasah Majalengka. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 162–170. https://doi.org/10.31949/jb.v3i2.1635
Rustiarini, N. W., & Dewi, N. K. C. (2021). Penataan Perpustakaan Desa untuk Meningkatkan Literasi Membaca. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.53860/losari.v3i1.35
Santoso, B., Ardiansyah, A., Pusnita, I., & Havivi, S. L. (2022). Upaya penguatan ketahanan sosial budaya masyarakat melalui literasi digital. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(3), 436–446. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i3.15122
Shomad, A., Fauziah, N., & Sajad, A. (2024). Penguatan Literasi Publik Melalui Bedah Buku Daring. Communnity Development Journal, 5(1), 2587–2595. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24458
Sistarina, A., (2020). Implementasi Literasi Informasi sebagai Upaya Perpustakaan Universitas Airlangga Mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi. JPUA: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan, 10(2), 104–115. https://doi.org/10.20473/jpua.v10i2.2020.104-115
Suhadhan, I., Widyawati, T. I., Chumeidi, A., & Santi, F. (2023). Peranan Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Literasi Masyarakat di Provinsi Banten. Journal Publicuho, 6(3), 1055–1068. https://doi.org/10.35817/publicuho.v6i3.235
Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik Lewat Literasi untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154-164. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195
Suryadin, A., Maulana, S.A., & Amalia, R.A. (2021). Peningkatan Literasi Masyarakat Melalui Pojok Baca Sekaput di Warung Kopi. Berdikasi: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 9(2), 260–273. https://doi.org/110.18196/berdikari.v9i2.11232
Susanti, D., & Santi, S. (2019). Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam Meningkatkan Minat Baca Remaja (Studi Kasus di TBM Gunung Ilmu). Comm-Edu: Community Education Journal, 2(3), 220. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i3.2828
Syaifudin, A., Auliyah Sofyanti, D., Irnadianis Ivada, F., Krisna Bagus Sajiwo, K., Fakhri Zamzami, M., Samiyah Iroyna, N., Hasanah M. Zach, N., & Aripratiwi, R. A. (2023). Gerakan Literasi Masyarakat: Penguatan Literasi Untuk Membangun Masyarakat Literat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(6), 773–778. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1751
Tulaktondok, L., Patingtingan, M.L., Paembonan, D., & Palullungan, E.T. (2024). Membangun Budaya Literasi Lewat Komunitas Baca: Sebuah Inisiatif Pengabdian Masyarakat. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan 4(2):387-396. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4i2.34491
Winoto, Y., Prodi, S., Informasi, I., & Perpustakaan, D. (2019). Studi tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Penyelenggaraan Perpustakaan Desa dan Taman Bacaan Masyarakat. EDULIB (Journal of Library and Information Science, 9(1), 80–94. https://doi.org/10.17509/edulib.v9i1.16170
Yuniar, V., Manurung, B., Ahmad, N., Hariati, L., Syofra, A. H., Matematika, P., Asahan, U., Jend, J., Yani, A., Bahasa, P., Asahan, U., Jend, J., & Yani, A. (2022). Penguatan Aktivitas Literasi dan Pengadaan Pojok Baca di Desa Silo Baru, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan. Jurnal SOLMA, 11(2), 425–430. https://journal.uhamka.ac.id/solma/issue/view/383
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anggi Prasetia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.