Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi Siswa Sekolah Dasar melaui Perpustakaan Berbasis Rumah Ibadah
DOI:
https://doi.org/10.35719/ngarsa.v1i2.160Budaya literasi ternyata belum cukup dikenal di kalangan siswa sekolah dasar. Literasi yang seharusnya menjadi makanan sehari-hari, seakan hanya menjadi pelengkap, khususnya di era pandemic ini. Melalui literasi jendela pengetahuan dibuka, wawasan menjadi lebih luas. Oleh karena itu, sudah seharusnya literasi menjadi sebuah budaya atau kebiasaan sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya menumbuhkan budaya literasi pada siswa sekolah dasar melalui perpustakaan berbasis rumah ibadah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dengan subjek penelitian meliputi santri-santri di TPQ Nurul Hidayah Desa Kampung Anyar, Banyuwangi. Melalui peneitian ini dapat disimpulkan bahwa perpustakaan berbasis rumah ibadah memberikan dampak yang sangat baik terhadap meningkatnya budaya literasi pada santri-santri di TPQ Nurul Hidayah ini. Beberapa factor yang menghambat budaya literasi di kalangan siswa sekolah dasar adalah gadget, kurangnya motivasi, dan minimnya buku yang ada. Adanya perpustkaan berbasis rumah ibadah dimaksudkan untuk membantu menanggulangi beberapa factor yang menghambat budaya literasi pada siswa sekolah dasar ini
References
Arifin, Muzayyin. 2003. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Asnawati. 2004. Fungsi Sosial Rumah Ibadah dari Berbagai Agama dalam Perspektif kerukunan Umat Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Keagamaan, Departemen Agama RI
Ati, A. P., & Widiyarto, S. Literasi Bahasa Dalam Meningkatkan Minat Baca Dan Menulis Pada Siswa SMP Kota Bekasi.Basastra,9(1), 105-113.
Bondar, A. (2013). Logical FrameworkPembangunan Perpustakaan Desa/Kelurahan dalam Rangka Peningkatan Kegemaran Membaca. Perencana Madya Perpustakaan Nasional RI (Vol. 20, No. 2)Erida, E. (2019).
Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Masjid Untuk Meningkatkan Literasi Informasi Umat (Pendampingan Pada Perpustakaan Masjid Ummi Alahan Panjang). Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi,11(2), 124-138.
Ferdiansyah, M. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif. Bogor: Harya Media.
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2).
Khoiruddin, M. A., Taulabi, I., & Imron, A. (2016). Menumbuhkan minat baca sejak dini di Taman Baca Masyarakat. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(2), 291-319.
Panjaitan, Roimanson. (2017). Metodologi Penelitian. Kupang: Jusuf Aryani Learning.
Ruslan, R., & Wibayanti, S. H. (2019, March). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Inprosiding seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 12, No. 01).
Samsuri, Andrianidkk. (2021). Pendekatan ABCD untuk Meningkatkan Literasi di Madrasah. Buletin Abdi Masyarakat, 2(1), 18.
Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Literasi Media.
Subakti, H., Oktaviani, S., & Anggraini, K. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2489-2495.Tim Penyusun. (2021).
Pedoman KKN ABCD (Asset Based Community Development) UIN KH. Achmad Siddiq Jember. Jember: LP2M UIN KHAS Jember.
Yoni, E. (2020). Pentingnya Minat Baca Dalam Mendorong Kemajuan Dunia Pendidikan.Inovasi Pendidikan,7(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rafiq Rajabi, Irvan Nauval, Ahmad Royani, Nida Milatul Hamidah, Anita Rahmawati, Risma Nurfitria, Abidah Hindiyana Ulinuha, Dewi Shinta Nuriyah, Lutfi Tri Wardani, Andalia Arista Nugraeni, Alvina Yurizqi Salsabila, Salsabila Faradisa Nuris, Nurul Huda, Mohamad Abdul Rozak, Abdul Rosyid, Dinita Choirunnisa, Annisa, Pipin Ariska, Inayah Maharani Meidy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.