Peningkatan Literasi Finansial melalui Pelatihan Perencanaan Keuangan pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35719/ngarsa.v4i1.443The low level of financial literacy in the community has encouraged the government to create a program to increase financial literacy in the community. In order to support this government program, this community service is carried out to improve students' understanding and knowledge regarding financial literacy in elementary school students through financial planning training. This service method uses Participatory Action Research (PAR). It is a method whose process aims at learning to solve problems and fulfill the practical needs of society, as well as the production of knowledge and the process of religious social change. The results of this research show that the level of understanding of students' financial literacy still needs to be higher, as seen from the low knowledge of needs and desires, the importance of ways of saving, and the importance of ways of giving alms. The activities are carried out by students carrying out financial planning through managing pocket money at school with budget items that the researcher has determined. From the training results, students can understand financial management well, as evidenced by the results of filling out financial planning forms with the priority of needs in Islamic finance.
Keywords: Financial literacy, Budget training, Financial planning
Abstrak: Rendahnya literasi finansial pada masyarakat mendorong pemerintah membuat program peningkatan literasi keuangan kepada masyarakat. Guna mendukung program pemerintah tersebut, pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa mengenai literasi keuangan pada siswa sekolah dasar melalui pelatihan perencanaan keuangan. Metode pengabdian ini menggunakan Participatory Action Research (PAR) yakni metode yang prosesnya bertujuan untuk pembelajaran dalam mengatasi masalah dan pemenuhan kebutuhan praktis masyarakat, serta produksi ilmu pengetahuan dan proses perubahan sosial keagamaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman literasi keuangan siswa masih rendah dilihat dari rendahnya pemahaman kebutuhan dan keinginan, pentingnya dan cara menabung, pentingnya dan cara bersedekah. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah siswa melakukan perencanaan keuangan melalui praktek pengelolaan uang saku di sekolah dengan pos-pos anggaran yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Dari hasil pelatihan yang dilakukan siswa dapat memahami pengelolaan keuangan dengan baik dibuktikan dengan hasil pengisian formulir perencanaan keuangan yang sudah sesuai dengan prioritas kebutuhan dalam keuangan syariah.
Kata kunci: Literasi keuangan, Pelatihan anggaran, Perencanaan keuangan
References
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., & Kambau, R. A. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama.
Amalia, A. R., Fatmawat, L., Rahmah, N., Nilasari, R., & Amelia, T. (2021). Gerakan Literasi Keuangan Melalui Media Menabung Sejak Dini. DEDIKASI, 1(1), 34–43.
Aravik, H., & Tohir, A. (2022). Meningkatkan Pemahaman Literasi Finansial Pada Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Palembang. Aksi Kepada Masyarakat, 3(1), 29–36.
Arianti, S., Syamsuddin, M. M., & Jumiatmoko. (2022). HUBUNGAN PENGAJARAN PENDIDIKAN KEUANGAN DENGAN KEMAMPUAN LITERASI KEUANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN. Kumara Cendekia, 10(2), 99–108. https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Ariyani, A. D., Fajri, R. N., Hidayah, N., & Sartika, U. D. (2022). Kecakapan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(12), 3223–3230.
Asnawi, M., Matani, C. D., & Patma, K. (2019). Pengenalan pendidikan literasi keuangan bagi anak usia dini pada kelas binaan jurusan akuntansi di buper. The Community Engagement Journal Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 69–75.
Asyhad, M., & Handono, W. (2017). Urgensi Literasi Keuangan Syariah Pada Pendidikan Dasar. Miyah, 13(01), 126–143.
Busyro, W., Abunawar, & Septianingsih, R. (2018). Literasi Keuangan Syariah Bagi Guru dan Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah. Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri RI, 1(1), 5–9.
Febriliana, I., Riza, D., & Azizah, H. (2022). Edukasi Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Melalui Gerakan Gemar Menabung. Prosiding Seminar Hi-Tech, 1(1), 118–131. https://doi.org/https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/hitech
Fianto, F. (2017). Materi Pendukung Literasi Keuangan. Kementerian dan Kebudayaan.
Gunawan, A., Koto, M., Fadly, B., & Hafiz, M. S. (2022). Edukasi Literasi Keuangan Syariah Bagi Warga Muhammadiyah Kota Medan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.30596/ihsan.v%vi%i.10007
Habibullah, E. S. (2017). Etika Konsumsi Dalam Islam. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 90–102. https://doi.org/https://doi.org/10.30868/ad.v1i01.230
Hanifah, A., Maswanto, Mutmainah, Riyanti, Hamdan, M., & Robiah. (2022). Pentingnya literasi keuangan untuk anak usia dini di TK Islam melati, kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2022 Universitas Muhammdiyah, 1–8.
Haryanti, P., Hidayati, A., Rodliyah, L., & Laili, Choirun Nisful, Saraswati, S. (2020). SOSIALISASI LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(2), 136–145. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6584
Lahallo, F. F., Rupilele, F. G. J., Muskita, S. M. W., Ferdinandus, A. Y., Pakpahan, R. R., & Madina, L. O. (2022). Pentingnya Pengenalan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Rumah Baca Kanaan Kota Sorong. Journal of Dedication to Papua Community Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 42–56. https://doi.org/http://jurnal.lpmiunvic.ac.id/index.php/jpkm
Mahmud, R., & Prabowo, B. (2023). Manfaat Pentingnya Meningkatkan Literasi Finansial Anak Sekolah Dasar Dengan Program Social Fair And Festival Literasi Finansial Di Kebun Teh Wonosari. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(3), 126–132. https://doi.org/https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1354
Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru, 9(2), 154.
Melinawati, D., & Daryatni. (2023). Literasi Keuangan Syariah Bagi Siswa TPQ Nur Hidayah dan Pondok Pesantren Al Iman Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Basirah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 9–16. https://doi.org/https://doi.org/10.58326/jab.v2i1.27
Mulyasa. (2016). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Remaja Rosdakarya.
Nur, S. K., & Bakir, A. H. (2021). Inovasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama. 2(2), 72–77.
OJK. (2022). Infografis Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Infografis-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx
Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., & Iswati, H. (2022). Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Moestopo, 05(02), 133–140. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654 Retno
Rahmawati, Hasyimi, K., & Rahayu, R. (2023). Upaya Meningkatkan Literasi Keuangan Pada Siswa Sekolah di Desa Keulilee Aceh Utara. Malik Al-Shalih: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 17–24. https://doi.org/https://doi.org/10.52490/malikalshalih.v2i1.1837
Rakhmawati, I., Avonita, O. L., Tsalimna, Nisa, L., & Putri, B. (2021). Urgensi Literasi Keuangan Usia Dini. Abdi Psikonomi, 2(3), 143–150. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-658-22081-5_2
Ramedlon, Sirajuddin, Zukarnain, & Suradi, A. (2023). Kebijakan Tentang Jumlah Siswa dan Keefektifan dalam Proses Pembelajaran. Kebijakan Tentang Jumlah Siswa Dan Keefektifan Dalam Proses Pembelajaran, 6(1), 27–35.
Rohim, A. N., Priyatno, P. D., & Sari, L. P. (2021). Literasi Keuangan Syariah di Pondok Pesantren Al-Jadid, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang. Abdimas Galuh, 1(2), 528–534. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i2.6241
Rosa, I., & Listiadi, A. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendidikan Keuangan di Keluarga, Teman Sebaya dan Kontrol Diri terhadap Manajemen Keuagan Pribadi. Jurnal Manajemen, 12(2), 244–252.
Sabilla, A. P., Audia, S. N., Rachma, E., Hermawan, H., Adinugraha, & Gunawan, A. (2023). Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana dan Mengenalkan Literasi Keuangan Terhadap Siswa SD di Desa Kwasen. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 405–411.
Sari, N. P., Setiawan, M. A., & Novitawati, N. (2022). Penanaman Pendidikan Sosial dan Finansial bagi Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2785–2793. https://doi.org/https://doi. org/10.31004/edukatif.v4i2.2533
Setyowati, A., & Lailatullailia, D. (2020). Literasi Keuangan Syariah melalui Media Edukatif untuk Anak Usia Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah Surabaya. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 13–14. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/hm.v1i1.4542
Thirafi, L., Akbarsyah, N., & Fauzan, F. (2023). Menumbuhkan Kesadaran Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Melalui Sosialisasi Literasi Keuangan di SDN 2 dan SDN 4 Desa Karangjaladri Kabupaten Pangandaran. Farmers: Journal of Community Services, 04(2), 36–40. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/fjcs.v4i2.48315
Wahyuni, N. (2017, May 10). Berapa Uang Saku yang Wajar untuk Anak Zaman Sekarang? Liputan6.Com.
Wahyuningsih, S. (2021). Modul Literasi Keuangan Di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Direktorat Jenderal Paud, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Inayah Swasti Ratih, Robby Reza Zulfikri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.