Edukasi Kewirausahaan UMKM Melalui Platfrom Digital
Entrepreneurship Small And Medium Micro Through Digital Platforms
DOI:
https://doi.org/10.35719/ngarsa.v2i1.282In this disruptive era, there are many innovations stand in support entrepreneurship activities, one of which is the digital platfrom development for product marketing. Given the social cultural conditions of today's society, which can almost entirely shop online, are making it increasingly possible for businesses to expand markets.But unfortunately, marketing of entrepreneurial products is still mostly done in conventional ways, for example in businesses located in Pancur Village, Mayong District, Jepara Regency which are engaged in convection businesses. So that many people in general do not know about these products. This can affect the development of the entrepreneurial product itself. This lack of training in using the marketpalce as a place of sale and marketing is what motivated the UIN Walisongo KKN TEAM group 84 to provide education, assistance and monitoring the use of one of the digital platforms, namely the Facebook marketplace, where the Facebook application itself is well known to many people. The purpose of this service activity is to empower the community, especially for students who become entrepreneurs independently in reaching a wider market. The method used in this research is participatory action research (PAR) where the approach in this method is to see, hear and also to understand social phenomena that exist in society. The focus in this research is to provide entrepreneurship education using digital platforms to business actors. This activity contains material on the introduction of digital platforms, planning market predictions to sorting expeditions in product delivery. The result of this education is that it can increase income and new knowledge for business actors in developing the marketing sector
Pada era disrupsi ini banyak munculnya inovasi yang mendukung kegiatan kewirausahaan salah satunya yaitu pengembangan platfrom digital untuk pemasaran produk. Didukung dengan kondisi sosial budaya masyarakat sekarang yang hampir keseluruhan dapat berbelanja online,semakin membuka peluang bagi pelaku usaha untuk memperluas pasar. Namun sayangnya pemasaran produk wirausaha masih banyak dilakukan dengan cara konvensional misalnya pada usaha yang berada di Desa Pancur, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara yang bergerak pada usaha konveksi. sehingga banyak masyarakat umum kurang mengetahui produk tersebut. Hal tersebut dapat mempengaruhi perkembangan produk hasil wirausaha itu sendiri. Kurangnya pelatiahan dalam menggunakan marketpalce sebagai tempat penjualan dan pemasaran inilah yang melatarbelakangi TIM KKN UIN Walisongo kelompok 84 untuk melakukan edukasi, pendampingan dan monitoring penggunaan salah satu platfrom digital yaitu facebook marketplace, dimana aplikasi Facebook sendiri sudah dikenal banyak masyarkat. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu untuk memberdayakan masyarakat khususnya bagi pelajar yang menjadi pelaku wirausaha secara mandiri dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah participatory action research (PAR) dimana pendekatan dalam metode ini adalah untuk melihat, mendengar dan juga untuk memahami gejala sosial yang ada di dalam masyarakat. fokus dalam penelitian ini untuk memberikan edukasi kewirausahaan menggunakan platform digital kepada pelaku usaha. Kegiatan ini berisi materi tentang pengenalan platfrom digital,perencanaan prediksi pasar hingga pemilahan ekspedisi dalam pengiriman produk. Hasil dari edukasi ini yaitu dapat menambah pendapatan dan pengetahuan baru bagi pelaku usaha dalam mengembangkan sektor pemasaran
References
Al Fadia Diqu. (2014). Peran Kewirausahaan Dalam Pembangunan. Catatan Kecil Al Vadia, 7(2), 104–112. http://diqudiamond.blogspot.co.id/2014/06/peran-kewirausahaan-dalam-pembangunan.html
Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1286–1295.
Ardiansyah, T. (2020). MODEL PLATFORM e-COMMERCE DALAM MENDUKUNG KESUKSESAN UMKM DI INDONESIA. Jurnal USAHA, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.30998/juuk.v1i1.286
Boohene, R., Sheridan, A., & Kotey, B. (2008). Gender, personal values, strategies and small business performance. Equal Opportunities International, 27(3), 237–257. https://doi.org/10.1108/02610150810860075
Budianto, A. E., Dianawati, E., & Iswahyudi, D. (2019). Penerapan Program Pengembangan Kewirausahaan Pada Mahasiswa (Tenant) di Universitas Kanjuruhan Malang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 93. https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i1.23475
Cahyono, D. B. (2011). Penggunaan facebook sebagai media pemasaran. Jurnal Komunikasi, 1–5.
Florita, A., Jumiati, & Mubarak, A. (2018). Pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Oleh Dinas KoperasiI dan UMKM Kota Padang. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1(1), 143–153.
Hasanah, L. L. N. El. (2015). Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268–280.
Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.209
Herlan Firmansyah dan Endang Hendra. (2015). IMPLIKASI GLOBALISASI EKONOMI DAN PERDAGANGAN BEBAS TERHADAP STABILITAS NILAI RUPIAH. 3, 2015. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/as.v17i2.648
Kecil, U., Di, M., Industri, S., & Dan, S. (2018). Efektivitas Penerapan E-Commerce Dalam Perkembangan. 6, 1–8.
Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 2017. https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.9676
M.Chatibi, Basri, D. (2012). Rumah Ekonomi Rumah Budaya : Membaca Kebijakan Perdagangan Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.
Margahana, H., & Triyanto, E. (2019). MEMBANGUN TRADISI ENTREPRENEURSHIP PADA MASYARAKAT. 03(02), 22–37.
Mukhsin. (2019). Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan E-Commerce Dan Media Sosial) Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Teknokom, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/teknokom.v2i1.25
Mutiarasari, A. (2018). Peran Entrepreneur Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Mengurangi Tingkat Pengangguran. Jurnal Prodi Ekonomi Syari’ah, 1(2), 1–114. http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/dinar/article/download/83/90
Noviana, I. (2010). Participatory Action Research: Peningkatan Kesadaran Masyarakat untuk Menjadikan Lingkungan yang Bebas Narkoba. In Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial (Vol. 15, Issue 3, pp. 208–218).
Rakanita, A. M. (n.d.). PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI DESA KARANGSARI KECAMATAN KARANGTENGAH KABUPATEN DEMAK. E K B I S, 20, 1280–1289.
Sholeh, M., & Basuki, U. J. (2021). Pendampingan Penggunaan Facebook Marketplace sebagai media promosi dan transaksi penjualan bagi pelaku UKM. MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 36–42.
Situmeang, R. R. (2018). Dampak Bisnis Online Dan Lapangan Pekerjaan Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Jasa Bisnis Online Transportasi Grab Di Kota Medan). Ajie, 03(3), 319–335.
Subekti, R, dan R. Tjitrosudibio. (2019). Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUH Perdata). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 11–28.
Sukirman, S. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 117. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i1.318
Suryana. (2017). Ekonomi Kreatif, ekomoni baru mengubah ide dan menciptakan peluang (D. Halim (ed.)). Salemba Empat.
Tanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i2.408
Tasya Safiranita Ramli, Ega Ramadayanti, Maudy Andreana Lestari, R. F. (2021). Inovasi Standardisasi Marketplace Dalam Merespon E-Commerce Sebagai Upaya Menuju Caveat Venditor ( Standardization Marketplace Innovation in Responding To E-Comme .... July.
Upaya, E. S., Caveat, M., Towards, E. E., & Venditor, C. (2021). Inovasi standardisasi. 272–281.
Wahyu, R. M., & Muhidin, A. (2019). Analisis Orientasi Pasar Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Di Era Teknologi. Jurnal Ekonologi: Jurnal Ilmu, 6, 387–392. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/2981
Wahyuningsih, S., & Satriani, D. (2019). Pendekatan Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 195–205. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.172
Wibowo, E. A. (2016). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. Equilibiria, 1(1), 95–108.
Wibowo, E. W. (2018). Analisis Ekonomi Digital Dan Keterbukaan. Jurnal Lentera Bisnis, Vol. 7(2, November).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ulin Nihayah, Yunita Anisatuzzuhriya, Muhammad Aniq Al Faruqi, Amalia Sania Salsabila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.