Optimalisasi Pembinaan Al-Qur’an Melalui Peran Aktif Wali Asuh di Asrama Pondok Mahasiswa Pondok Pesantren Nurul Jadid
DOI:
https://doi.org/10.35719/ngarsa.v5i1.541Qur’anic learning programs in student dormitories often face challenges such as monotonous methods, low motivation, and inconsistent participation caused by academic fatigue. In response, a community service initiative was conducted at the Student Dormitory of Nurul Jadid Islamic Boarding School, aiming to optimize Qur’anic mentoring through the design of a participatory, adaptive, and sustainable strategy. Employing a Participatory Action Research (PAR) framework combined with Asset-Based Community Development (ABCD), the program actively engaged students and dormitory administrators throughout all stages. Implementation methods included initial skills mapping, grouping participants into advanced, intermediate, and beginner levels, and applying diverse instructional techniques. These included repetition (takrār), the Ummi Method, and the sorogan system for individualized learning, supplemented by motivational storytelling and visual media. Evaluation results from pre-tests and post-tests indicated significant improvement across all groups: the advanced group’s average score increased from 85 to 90, the intermediate group from 65 to 78, and the beginner group showed the greatest gain, from 45 to 67. This integrated mentoring model by combining traditional and innovative approaches proved effective in enhancing both technical proficiency and spiritual motivation. The program recommends the application of relational, structured, and adaptive strategies to ensure the sustainability of Qur’anic education within student dormitory settings.
Keywords: Qur’anic Mentoring, Sorogan Method, Student Dormitory, Spiritual Motivation
Pembinaan Al-Qur’an di asrama mahasiswa sering terkendala oleh metode monoton, motivasi rendah, dan partisipasi yang tidak konsisten akibat kejenuhan akademik. Menanggapi hal ini, sebuah program pengabdian di Asrama Pondok Mahasiswa Pondok Pesantren Nurul Jadid bertujuan mengoptimalkan pembinaan melalui perancangan strategi yang partisipatif, adaptif, dan berkelanjutan. Dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) dan Asset-Based Community Development (ABCD), program ini melibatkan mahasiswa dan pengurus asrama secara aktif dalam seluruh tahapannya. Metode pelaksanaannya mencakup pemetaan kemampuan awal, pengelompokan peserta ke dalam level mahir, sedang, dan kurang, serta penerapan berbagai teknik pembelajaran. Teknik tersebut meliputi pengulangan (takrār), Metode Ummi, dan sistem sorogan untuk interaksi individual, yang diperkuat dengan motivasi melalui kisah inspiratif serta media visual. Hasil evaluasi pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan pada semua kelompok. Skor rata-rata kelompok mahir naik dari 85 menjadi 90, kelompok sedang dari 65 menjadi 78, dan kelompok kurang mengalami peningkatan paling besar, dari 45 menjadi 67. Model pembinaan yang mengkombinasikan metode tradisional dan inovatif ini terbukti efektif meningkatkan keterampilan teknis sekaligus motivasi spiritual peserta. Program ini merekomendasikan pentingnya penerapan pendekatan yang relasional, terstruktur, dan adaptif untuk menjamin keberlanjutan pembinaan Al-Qur'an di lingkungan pondok mahasiswa.
Kata kunci: Pembinaan Al-Qur’an, Metode Sorogan, Pondok Mahasiswa, Motivasi Spiritual
References
’Azah, N., Sholeh, M. I., Tasya, D. A., Munawwarah, Abror, S., Mintarsih, M., & Rosyidi, H. (2024). Penguatan Pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode Talaqqi di Pondok Pesantren Terpadu Al-Chodidjah. AL MU’AZARAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(01), 1–17. https://doi.org/10.38073/almuazarah.v2i1.1812
Akbar, A., & Hidayatullah, H. (2016). Metode Tahfiz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar. Jurnal Ushuluddin, 24(1), 91. https://doi.org/10.24014/jush.v24i1.1517
Anwar, C. (2020). Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 19(2), 208–221. https://doi.org/10.47467/mk.v19i2.432
Baharun, H., & Dini, A. R. (2019). Penguatan Receptive Skills Santri Melalui Pendekatan Mastery Learning dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(2), 275–289. https://doi.org/10.35316/jpii.v3i2.133
Basid, A., Layyinah, Q., & Kholilurrohman, A. (2024). Pembinaan Tahsin Al-Qur’an untuk Pengenalan dan Pelafalan Huruf Hijaiyah di Madrasah Diniyah Takmiliyah Misbahus Sudur. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JAPAMAS), 3(2), 182–193. https://doi.org/10.70340/japamas.v3i2.157
Bustan, R., Mailani, L., & Novianti, M. (2022). Pelayanan Konseling Integratif pada Masalah Perkawinan dan Keluarga di Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Pusat. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 5(1), 46. https://doi.org/10.36722/jpm.v5i1.1768
Fajria, L. N. (2023). Analisis Literatur Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. JOIES (Journal of Islamic Education Studies), 8(1), 97–122. https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.1.97-122
Gafur, A., Nurhasan, N., Switri, E., & Apriyanti, A. (2021). Pembinaan Ilmu Tajwid terhadap Anak-Anak di Masjid An-Nuur Kebun Raya OI. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 313–326. https://doi.org/10.54082/jamsi.103
Hasanah, U., Setia, S. D., Fatonah, I., & Deiniatur, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an Melalui Pengenalan Makhorijul Huruf Pada Anak Menggunakan Metode Sorogan. AL-DIN: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 1–14. https://doi.org/10.35673/ajdsk.v6i2.1133
Husna, R., Haniah, R., & Siahaan, L. N. (2024). Pendampingan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Anak-Anak Dan Remaja Di Musholla Al-Fatah Bondowoso: Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Qur’ani Dan Spiritual. IJCD: Indonesian Journal of Community Dedication, 02(03), 467–476.
Kamal, F. (2020). Model Pembelajaran Sorogan Dan Bandongan Dalam Tradisi Pondok Pesantren. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 15–26. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1572
Kartika, T. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 245–256. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5988
Mukaromah, N., & Hanif, M. (2023). Metode Ummi Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 52–63. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v4i2.6820
Munif, M., Fajri, Z., & Kholidah, N. D. (2024). Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Penguasaan Membaca Al - Qur’an Di Madrasah Mi Nurul Ulum Cindogo Tapen Bondowoso. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2), 466–477. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11766
Muntafi’ah, U., Rusdiyah, E. F., & Tolchah, M. (2024). Transformasi Digital: Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Dalam Pembelajaran Literasi Al-Qur’an. Anterior Jurnal, 23(3), 83–91. https://doi.org/10.33084/anterior.v23i3.7324
Murdiono. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Inovasi Literasi Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Izzah. Smart Humanity: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 12–22.
Murnmainnah, S. N., Asfahani, & Masduki, M. (2024). Pelatihan Metode Tahsin Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qu’an Di TPQ Darussalam Desa Prajegan, Sukorejo Ponorogo. Social Science Academic, 2(1.1), 127–138. https://doi.org/10.37680/ssa.v0i0.5931
Nugraha, M. R., Ahkam, M. H., & Adji, W. S. (2024). Efektivitas Metode Sorogan dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al-Qur’an: Studi Kasus Eakkapap Pattana School Thailand. Insaniyah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 10–16. https://doi.org/10.31332/insaniyah.v3i1.10006
Nurfaizah, E. (2021). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di SD Islam Integral Luqman Al-Hakim Batam. TA’DIBAN: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–25. https://doi.org/10.61456/tjie.v1i1.10
Pranata, S. P., Muhtadin, K., Kuswandi, D., & Putri, G. (2024). Pelatihan Tahsin dan Tahfiz dengan Metode Quantum untuk Siswa MAN 1 Subang. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 01(01), 1–15.
Rahim, R. A., Taran, J. P., Kasih, D., Hasan, K., Tajwid, I., & Pesantren, P. (2024). Pembinaan Tahsin Dan Ilmu Tajwid: Peningkatan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren. Meuseuraya-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 105–116. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v3i2.
Syafaruddin, B., & Yunus, S. W. (2024). Inovasi Bimbingan Spiritual Islam Melalui Pendekatan Deep Learning Dalam Al-Qur’an. Jurnal Al-Wajid, 5(2), 6–12. https://doi.org/10.30863/alwajid.v5i2.5740
Tamam, B., Khan, H. A. M., Nurhasanah, S., Annurrohman, S., Azzahra, H., Fadjar, P., Sari, T. V., Firjatullah, M. F., & Maharani, A. (2025). Strategi Branding Desa Berbasis ABCD: Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial bagi Masyarakat Desa. KHIDMAH NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 186–202. https://doi.org/10.69533/etzb7195
Taufik, T., Rajafi, A., Lasido, N. A., Ilmudinulloh, R. I., & Ilham, A. (2024). Penguatan Literasi Moderasi Beragama Bagi Guru Agama Sekolah Dasar Di Kelurahan Perkamil Kecamatan Paal Dua Kota Manado (Pendekatan Participatory Action Research). NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 14–24. https://doi.org/10.30984/nyiur.v4i1.816
Downloads
License
Copyright (c) 2025 Abd. Basid, Awan Al Farizi, Nazil Rahmat, Mohammad Fikri Romadhoni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.